Help with Search courses

Fisika Terapan

Matakuliah fisika terapan pada program studi D-III Teknik Refrigerasi dan Tata Udara Politeknik Negeri Bandung merupakan matakuliah jurusan. Matakuliah fisika terapan ditujukan untuk menguasai konsep teoritis secara umum sains alam serta menerapkannya ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menyelesaikan masalah refrigeras, tata udara, kelistrikan dan kontrol yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) pada bidang spesialisasi yang dihadapi. Prasyarat matakuliah ini adalah fisika pada sekolah menengah umum maupun kejuruan. Materi pokok yang akan diberikan dalam matakuliah fisika terapan adalah mekanika, fluida, dan termofisika. Matakuliah fisika terapan ini dilaksanakan selama 16 minggu, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, responsi dan tutorial) meliputi tatap muka, penugasan terstruktur, dan belajar mandiri serta praktik di laboratorium. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar antara lain: menyimak–merekonstruksi konsep, diskusi, latihan penyelesaian soal serta praktik di laboratorium Fisika Terapan untuk penguatan dengan materi yang terintegrasi dengan pembelajaran di kelas.

Materi pokok yang akan disampaikan meliputi kinematika satu dan dua dimensi, dinamika, usaha dan energi, momentum impuls dan tumbukan, dinamika gerak rotasi, kesetimbangan, fluida, dan termofisika (suhu, pemuaian, dan perpindahan kalor).



Dasar Tata Udara

Mata kuliah Dasar  Tata Udara diberikan di semester III pada Program Studi D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara, dengan kemampuan  mahasiswa dapat menggunakan diagram psikrometrik, memahami pemrosesan udara pada psikometrik, dan menguasai  prinsip perhitungan  beban pendinginan ruangan. Aspek klimatologi dan radiasi matahari akan mempengaruhi kenyamanan termal bagi manusia, serta kebutuhan udara segar untuk mengencerkan polutan dalam udara ruangan agar kecukupan kadar oksigen di dalam agar udara ruangan dapat dipertahankan, akan diberikan untuk mendukung pengertian dan pemahaman tentang beban pendinginan. Psikrometrik dan beban pendinginan nantinya akan dipergunakan pada matakuliah tata udara lanjutannya. Mata kuliah Dasar Tata Udara ini dilakukan selama 16 minggu, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, studi referensi dan tutorial), meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri dan praktikum di laboratorim. Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan praktikum: pengukuran temperatur dan RH, distribusi udara, beban sensibel ruangan, beban penghuni, pencampuran udara serta percobaan AC Window dan AC Split