Help with Search courses

Bahasa Inggris 1

Bahasa Inggris 1 adalah mata kuliah yang merupakan kurikulum institusi yang wajib ada dalam kurikulum semua program studi yang ada di Politeknik Negeri Bandung, kecuali program studi D-3 Bahasa Inggris. Mata kuliah ini memfokuskan pada kompetensi  berkomunikasi secara lisan. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan keterampilan bahasa Inggris yang dititikberatkan pada komunikasi lisan yang ditunjang dengan prinsip dasar tata bahasa dan kosakata dalam Bahasa Inggris sesuai fungsinya baik formal maupun informal.

Bahasa Indonesia Nonrekayasa

Reproduksi naskah, Ragam Bahasa, EBI, Peristilahan, Kalimat Register Ilmiah, Pemaragrafan, Penulisan Laporan Ilmiah, dan Plagiarisme

Dasar Refrigerasi

Kuliah ini merupakan kuliah dasar keterampilan dalam bidang Teknik Refrigerasi dan Tata Udara.

Isi kuliah meliputi, aplikasi sistem refrigerasi, review tentang termodinamika dan perpindahan panas, konsep sistem refrigerasi, komponen sistem refrigerasi meliputi kompresor, kondensor, alat ekspansi dan evaporator, juga komponen komponen tambahan lainnya, serta mengenai refrigeran serta isu lingkungan.

Diharapkan, seusai mengikuti kuliah ini, mahasiswa dapat menjelaskan prinsip refrigerasi dan mengevaluasi sistem refrigerasi sederhana.

Metoda penyampaian materi dan proses pembelajaran dapat berupa: tatap muka di kelas, tugas ataupun kuis serta pembelajaran melalui e-learning ini. Evaluasi didasarkan padahasil pelaksanaan tugas-tugas, kuis dan ujian-ujian.


Dasar Tata Udara

Mata kuliah Dasar  Tata Udara diberikan di semester III pada Program Studi D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara, dengan kemampuan  mahasiswa dapat menggunakan diagram psikrometrik, memahami pemrosesan udara pada psikometrik, dan menguasai  prinsip perhitungan  beban pendinginan ruangan. Aspek klimatologi dan radiasi matahari akan mempengaruhi kenyamanan termal bagi manusia, serta kebutuhan udara segar untuk mengencerkan polutan dalam udara ruangan agar kecukupan kadar oksigen di dalam agar udara ruangan dapat dipertahankan, akan diberikan untuk mendukung pengertian dan pemahaman tentang beban pendinginan. Psikrometrik dan beban pendinginan nantinya akan dipergunakan pada matakuliah tata udara lanjutannya. Mata kuliah Dasar Tata Udara ini dilakukan selama 16 minggu, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, studi referensi dan tutorial), meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri dan praktikum di laboratorim. Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan praktikum: pengukuran temperatur dan RH, distribusi udara, beban sensibel ruangan, beban penghuni, pencampuran udara serta percobaan AC Window dan AC Split