Help with Search courses

Etika Profesi

Matakuliah ini berisi tentang konsep etika, etika profesi, kode etik profesi kode etik profesi teknik, profesionalisme dan etos kerja, dan peranan kecerdasan dalam pembangunan peningkatan profesi untuk mengantar mahasiswa sebagai penerus familier dengan perilaku dalam menjalankan profesinya di tengah-tengah masyarakat atau dunia usaha dan industri.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Matakuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan matakuliah jurusan yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang konsep K3, sehingga mahasiswa mempunyai kesadaran dan sikap yang selalu mengutamakan keselamatan (Safety First) dan kesehatan kerja, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, di tempat kerja maupun lainnya guna mencegah  kecelakaan, kebakaran, peledakan dan penyakit akibat kerja. Secara khusus matakuliah ini untuk membekali mahasiswa selama kuliah di Jurusan Teknik Konversi Energi. Sebagaimana diketahui bahwa dalam melakukan  praktikum di laboratorium Teknik Energi, mahasiswa akan bersentuhan langsung dengan sistem peralatan seperti: PLTU, PLTA, PLTD, Mesin Listrik, Tegangan Tinggi, dan Elektronika Daya,  yang memiliki potensi bahaya yang sangat tinggi, seperti bahaya sengatan listrik, kebakaran, ledakan dan mekanik. Dengan matakuliah ini mahasiswa dikenalkan dengan potensi-potensi bahaya yang ada, bagaimana pengelolaan potensi bahaya yang telah dilakukan dan bagaimana mencegah terjadinya kecelakaan. Selain itu, dengan matakuliah ini menjadi modal awal bagi mahasiswa dalam menerapkan K3 ketika memasuki dunia kerja setelah lulus nanti.

Gambar Teknik 2

Mata kuliah Gambar Teknik 2 berisi tentang bagiamana cara menggambar dan membaca gambar elektro, khususnya kelistrikan yaitu instalasi penerangan dan daya serta  pengasutan (pengendalian) motor yang dimulai dengan memperkenalkan simbol-simbol dan dilanjutkan dengan berbagai macam diagram. Realisasi mata kuliah Gambar Teknik ini menggunakan perangkat lunak AutoCAD, agar mahasiswa dapat menyesuaikan dengan kondisi di lapangan yang sudah menggunakan perangkat lunak tersebut.