D4 Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan semester 1

Help with Search courses

Gambar Teknik

Mata kuliah Gambar Teknik pada program studi D-IV Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan Politeknik Negeri Bandung merupakan mata kuliah ilmu dasar pada jurusan Teknik Sipil yang disampaikan pada semester I. Mata kuliah Gambar Teknik ditujukan memberikan kemampuan mendukung proses penggambaran perancangan dan pelaksanaan konstruksi sesuai spesifikasi teknis secara manual dan menggunakan perangkat lunak. Gambar Teknik ini sebagai dasar pengetahuan bagi sarjana terapan / engineering technologist di bidang bangunan jalan dan jembatan (Level 6 KKNI). Prasyarat untuk mata kuliah ini adalah; Pengantar Bangunan Jalan dan Jembatan, Matematika teknik, Bahasa Inggeris Teknik, dan pengetahuan umum yang diperoleh mahasiswa sehari-hari tentang bangunan sipil pada umumnya dan khususnya bangunan gedung yang dapat menjadi entry behaviour bagi mata kuliah ini. Materi pokok yang akan diberikan dalam mata kuliah Gambar Teknik ini ditekankan pada kemampuan menggunakan media penggambar baik dengan manual maupun secara komputerisasi dengan benar, Mulai dari bagian penggambaran dengan menggunakan alat manual dikenalkan dengan Pengantar Gambar Teknik dan Standarisasi Gambar Teknik, dilanjutkan dengan aplikasi penggambaran; konstruksi geometris, poligon, proyeksi orthografis. Proses aplikasi penggambaran selain menggunakan peralatan manual, ada juga dilakukan dengan cara freehand atau membagan teknik, dengan harapan mahasiswa dapat terampil membuat konsep atau sketsa gambar. 

Setelah menguasai materi gambar manual dilanjutkan penggambaran dengan alat bantu komputer program AutoCAD. Gambar teknik masih fokus pada gambar 2 dimensi. Materi pokok dalam penggunaan program AutoCAD adalah; Pengenalan Program AutoCAD, Cara bekerja dengan AutoCAD (command line dan tool bar), Pemahaman perintah-perintah baku, Dasar-dasar persiapan awal Menggambar, Koordinat sistem, Polar Sistem, Cartesian Sistem, Setting (layer, text, dimensi), Sisipan Simbol (Hatching), Sisipan Block File, Dasar Pengeditan, Teknik Penskalaan dan Pencetakkan (printing), Setting AutoCAD, Ekspor-Import software AutoCAD ke software Lainnya. 

Penerapan software Auto CAD di aplikasikan terhadap penggambaran berbagai model terkait perintah-perintah baku AutoCAD yang memenuhi standar Gambar Teknik, dilanjutkan dengan perencanaan elemen bangunan sipil berupa; denah, potongan memanjang, melintang, dan detail; konstruksi batu, beton, kayu dan konstrusi baja. Hasil penggambar dilengkapi dengan data/notasi atau simbol sesuai dengan standar yang berlaku secara nasional maupun international; Memeriksa kesesuaian gambar bangunan terhadap dokumen perancangan dan standar yang berlaku serta menduplikasikan dan mendokumentasikan gambar dalam bentuk soft maupun hard copy. Mata kuliah Gambar Teknik ini dilakukan selama 16 minggu, dengan bentuk pembelajaran di Studio Gambar (kuliah, praktek, responsi dan tutorial) meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar antara lain : menyimak–merekonstruksi konsep/pengetahuan/pengalaman penting sebelumnya (sebagai entry behavior), praktek menggambar, studi referensi komponen/elemen bangunan konstruksi sipil, proses plotting , dokumentasi dan pengiriman gambar serta paparan hasil penggambaran.


Mekanika Tanah 1

Asal-usul tanah, sifat2 fisik tanah, klasifikasi tanah, konsep tegangan efektif, distribusi tegangan dalam tanah, pemampatan tanah, pemadatan tanah.

Survei dan Pemetaan

Pada E-learning sebelumnya sudah ada matakuliah Survei dan Pemetaan yang dibuat pada tahun 2016 kode matkul masih yg lama yaitu 16TRJJ1092 untuk Prodi TPJJ. 

Tahun ini diajukan e-learning matkul Survei dan Pemetaan (16JTS1042) yg akan digunakan untuk 4 prodi 6 kelas. Materi tahun ini tentunya akan berbeda dengan e-learning pada tahun 2016, dan yg paling utama adalah dilengkapi bahan pengajaran praktikum berupa video praktikum maupun evaluasi praktikum.

Pengantar Bangunan Transportasi

Selamat datang pada mata kuliah dari Pengantar Bangunan Transportasi pada semester ganjil TA 2020/2021.

Perkuliahan ini dapat anda akses sejak tanggal 28 September 2020.


Mata kuliah Pengantar Bangunan Transportasi pada  program studi D-IV Teknologi Rekayasa Konstruksi  Jalan dan Jembatan Politeknik Negeri Bandung merupakan mata kuliah program studi pada jurusan Teknik Sipil dengan beban 2 SKS. Mata kuliah Pengantar Bangunan Transportasi ditujukan untuk memberikan pengenalan komponen dan elemen dari bangunan transportasi untuk melayani moda darat (jalan raya) sehingga dapat menjadi dasar pengetahuan sebagai sarjana terapan / engineering technologist di bidang bangunan jalan dan jembatan (Level 6 KKNI). Tidak ada prasyarat untuk mata kuliah ini tetapi pengetahuan umum yang diperoleh mahasiswa sehari-hari tentang bangunan sipil khususnya bangunan jalan, bangunan jembatan serta bangunan simpul transportasi (darat, air dan udara) dapat menjadi entry behaviour bagi mata kuliah ini. Materi pokok yang akan diberikan dalam mata kuliah Pengantar Bangunan Transportasi ini ditekankan pada pengenalan dan kemampuan untuk membuat kategori dari bangunan transportasi meliputi jalan, bangunan pelengkap jalan, perlengkapan jalan, dan simpul transportasi. Mata kuliah ini akan dibagi dari dalam beberapa bahan kajian, yaitu Intrastruktur Transportasi, Simpul Transportasi (terminal, bandara, stasiun, pelabuhan), Konsep Bangunan Transportasi, Pengantar Bangunan Jalan, Pengantar Bangunan Jembatan dan Pengantar Bangunan Lintas Atas dan Lintas Bawah. Mata kuliah Pengantar Bangunan Transportasi ini dilakukan selama 16 minggu, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, responsi dan tutorial) meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar antara lain : menyimak–merekonstruksi konsep/pengetahuan/pengalaman penting sebelumnya (sebagai entry behavior), group resume/diskusi, saling bertukar pengetahuan, studi referensi, tugas kajian referensi, Information Search/penelusuran informasi penting dari website/blog/jurnal, serta paparan hasil pembuatan catatan (taking notes).