PKM-Semester 5

Help with Search courses

Perencanaan untuk keterbuatan dan keterakitan

Mata kuliah ini adalah untuk menganalisa dan memecahkan masalah manufaktur dan perakitan komponen pada fase awal perancangan, sehingga kemungkinan bebetapa aspek yg berdampak pada hasil akhir keluaran produk dapat dintisipasi sedini mungkin. Dengan begitu waktu dapat dihemat dan biaya produksi dapat ditekan.

Metodologi Perancangan 2

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah utama pada Program Studi Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin. Di mata kuliah ini dibahas mengenai metode lanjut dalam perancangan yang meliputi QFD (Quality Fundtion Deployment) dan  TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving). QFD digunakan untuk meningkatkan kualitas rancangan dengan menentukan secara rinci kebutuhan pengguna. TRIZ digunakan untuk perancangan terstruktur dari mulai kreativitas hingga perancangan detail.

Rekayasa Ulang (Reverse Engineering)

Mata Kuliah ini memperlajari pengetahuan dan ketrampilan penggunaan teknologi dalam proses rekayasa ulang dan rapidprototyping. Mata kuliah ini telah didahului dengan mata kuliah Proyek Perancangan 1 yang merupakan dasar Rekayasa Ulang (Reverse Engineering).

Mata Kuliah ini mempelajari perkembangan dan aplikasi reverse engineering, penggunaan 3D Scanner untuk proses digitasi produk, pengolahan data scanning dengan menggunakan aplikasi Geomagic dan CATIA V5, teknologi dan aplikasi rapid prototyping, penggunaan 3D Printer untuk pembuatan prototype dan produk.