Semester 3

Help with Search courses

Neraca Massa & Energi A

Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar untuk memahami aliran massa dan energi yg terlibat dalam satu proses atau sistem.

Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menghitung jumlah massa dan energi masuk ke dalam sistem, serta jumlah massa dan energi keluar dari sistem peralatan, yang akhirnya dapat mengidentifikasi perubahan atau konversi energi yang terjadi dalam sistem tersebut.

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar dasar-dasar teori maupun penerapan/aplikasinya


Materi pokok yang akan diberikan dalam mata kuliah ini adalah: 

1. Dasar-Dasar Perhitungan Neraca Massa dan Energi,

2. Neraca Massa,

3. Neraca Energi, dan 

4. Penerapan Neraca Massa dan Energi. 


Mata kuliah Neraca Massa dan Energi dilakukan 2 jam/minggu selama 14 minggu sebanyak 2 SKS, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, responsi dan tutorial) meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri. Dalam masa pandemi covid-19 ini, pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Mesin Termal A

 

Mata Kuliah ini mempelajari tentang:

1. Transformasi kalor dalam lingkup HVAC, Pengetahuan tentang Peralatan HVAC, Perhitungan Performance sistem HVAC

2. Mesin Pembakaran dalam khususnya pada Motor Bakar Torak. Siklus Motor Bakar, Prinsip Kerja, Kinerja, Komponen Pendukung, Perawatan dan Perbaikan pada Motor bakar Torak

3. Pengetahuan Tentang Boiler dan Pesawat Pembangkit Uap, Khususnya tentang Pengetahuan Komponen, Prinsip Kerja Perawatan dan Kalkulasi evaluasi kerja Boiler, maintenance can gangguan yang terjadi pada boiler


Perpindahan Panas A

Pendahuluan, Konduksi Panas Konduksi Tunak dan Konduksi Tidak Tunak, Prinsip-prinsip Konveksi, Konveksi Paksa, Sistem Konveksi Alamiah, Radiasi, Alat Pemindah Panas

Mesin Listrik 1A

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang peralatan konversi energi yang bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik yang terdiri dari mesin arus searah (dc) dan transformator. Materi mesin arus searah terdiri atas motor dc dan generator dc sementara materi transformator terdiri dari transformator satu-fasa.

Mekanika Fluida_A

Materi pokok yang akan diberikan dalam mata kuliah ini adalah Konsep Dasar dan Sifat-sifat Fluida, Hukum Paskal, Tekanan Hodrostatik dan Manometri, Gaya hidrostatik pada permukaan terendam, Prinsip Archimedes, Hukum Konvervasi Energi dan Massa, Persamaan Bernoulli, Aliran viskos dalam saluran tertutup, Rugi-rugi dalam pipa.

Mata kuliah Termodinamika dilakukan 3 jam/minggu selama 14 minggu sebanyak 3 SKS, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, responsi dan tutorial) meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri.