Semester 4

Help with Search courses

Kimia Farmasi

Memberikan pengetahuan kepada mahasiswa  tentang sifat fisik dan kimia dari bahan baku  dan produk sediaan farmasi,  mengajarkan cara-cara mengidentifikasi bahan / zat aktif tertentu baik dalam sediaan maupun tunggal, dapat melakukan pengujian bahan / produk berdasarkan standar yang telah ditetapkan untuk masing-masing bahan dan produk jadi.

Bioteknologi

Prinsip dasar dari mata kuliah Pengantar Bioteknologi  ini adalah  penerapan biosains dan teknologi yang menyangkut penerapan praktis organisme hidup pada industri jasa, manufaktur serta pengelolaan lingkungan. Dalam mata kuliah ini ditekankan adanya tiga hal pokok yaitu agen biologis (mikroba,enzim, sel tanaman, sel hewan), pendayagunaan secara teknologis dan industrial serta  produk dan jasa yang diperoleh. Disamping itu dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari biologi molekular yaitu untuk memahami mekanisme molekular termasuk mengidentifikasi gen, ekspresi dan eksplorasi protein/enzim serta menganalisis fungsi gen dan protein.

Perawatan Instrumen Analitik

Mata kuliah Perawatan Instrumen Analitik pada program studi D-III Analis Kimia Politeknik Negeri Bandung merupakan mata kuliah program studi. Mata kuliah Perawatan Instrumen Analitik ditujukan untuk mengintegrasikan pengetahuan tentang tujuan pengukuran, pengoperasian dan perawatan instrumen yang digunakan untuk analisis kimia sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku. Prasyarat mata kuliah ini adalah elektroanalitik, spektrofotometri, kromstografi dengan instrumentasi pengukuran. Materi pokok dari mata kuliah perawatan instrument analitik bertujuan untuk memperpanjang waktu pakai alat sehingga ditekankan pada perawatan yang dimulai dari pengoperasian yang sesuai prosedur standar yang berlaku dan perlakuan instrumen yang benar. Mata kuliah ini akan dibagi dari dalam beberapa bahan kajian, yaitu Pendahluan (tujuan dan fungsi inatrumen analitik), skema dan komponen alat/intrumen, prinsip pengukuran/pengoperasian, persyaratan penempatan alat, perawatan rutin, perawatan khusus, mendeteksi penyimpangan pengukuran. Mata kuliah ini dilakukan selama 14 minggu, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, responsi dan tutorial) meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar antara lain : menyimak –merekonstruksi konsep, diskusi, studi referensi, tugas survey dan analisis data kalibrasi, penelusuran informasi dan database dari website/blog/jurnal, serta praktik perawatan instrumen analitik.