Semester 3

Help with Search courses

Elektroanalitik

Mata kuliah Elektroanalitik pada program studi D-III Analis Kimia Politeknik Negeri Bandung merupakan mata kuliah prodi. Mata kuliah ini ditujukan untuk mengintegrasikan pengetahuan tentang metoda analisis kimia dengan besaran listrik. Prasyarat matakuliah ini adalah Analitik Dasar dan Kimia Fisik. Materi pokok yang akan diberikan dalam mata kuliah adalah definisi dan klasifikasi metoda elektroanalisis, fungsi dan jenis elektroda, potensiometri, konduktometri, elektrolisis, elektrogravimetri, kulometri, voltametri. Mata kuliah Teknik Lalu Lintas ini dilakukan selama 14 minggu, dengan bentuk pembelajaran di kelas (kuliah, responsi dan tutorial) meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri dan juga praktek di laboratorium.Diharapkan mahasiswa dapat mendapatkan pengetahuan metoda elektroanalitik

Spektrofotometri

Mata kuliah Spektrofotometri pada program studi D-III Analisis Kimia, jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Bandung, dengan jumlah 4 SKS yang terdiri dari 2 SKS teori (3 jam) dan 2 SKS praktikum (6 jam). Mata kuliah Spektrofotometri ditujukan untuk mengintegrasikan pengetahuan tentang gelombang elektromagnetik, perbedaan metode analisis berdasarkan perbedaan panjang gelombang elektromagnetik dan menerapkan metode analisis untuk kebutuhan analisis kualitatif dan kuantitatif. Materi pokok yang akan diberikan dalam mata kuliah ini adalah, Pengantar (Pendahuluan) , Kolorimetri, Spektrofotometri UV-Vis, Spektrofotometri Serapan Atom, Spektrofotometri Infra Merah, Spektrofotometri Resonansi Magnetik Inti, Spektrofotometri Massa dan Analisis berdasarkan Hamburan Cahaya. Matakuliah Spektrofotometri dilaksanakan selama dalam 16 minggu (tidak termasuk UTS dan UAS), dengan bentuk pembelajaran di kelas meliputi tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri serta praktikum di laboratorium. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar antara lain: diskusi, pemahaman akan prinsip analisis kuantitatif dengan berbagai metode spektrofotometri, praktikum di laboratorium, pembuatan laporan/pengolahan data.

Matakuliah Spektrofotmetri dengan bobot 4 SKS, yang terbagai atas 2 SKS teori (3 jam tatap muka) dan 2 SKS praktikum (6 jam).  Sedangkan pembagian bobot nilai antara praktikum dan teori, disesuaikan dengan jumlah SKS, yaitu 50% teori dan 50% praktikum. Perkuliahan akan dilakukan dalam 16 minggu (pertemuan), termasuk UTS dan UAS. Evaluasi dilakukan dengan cara melaksanakan kuis dan UTS serta UAS.  Kuis 1 dilakukan setelah topik/bab 2 selesai atau minggu ke-4, UTS di minggu ke 8, kuis-2 di minggu 12 dan UAS di minggu 16. Penilaian kuis masing-masing 20% dan UTS, UAS masing-masing 30%.