Semester 2

Help with Search courses

Kimia Organik

Mata kuliah kimia organik merupakan mata kuliah pada program studi D-III Analis Kimia,  Jurusan Teknik Kimia. Kimia organik adalah bagian integral dari  kehidupan sehari-hari. Semua organisme hidup tersusun atas senyawa-senyawa organik. Sebagai contohnya, rambut, kulit, otot, dan DNA, serta obat, semuanya merupakan senyawa organik. Bensin, minyak, gula, plastik, serat sintetis, kapas, wol, alkohol, aspirin, sabun adalah contoh dari senyawa organik.  Dengan demikian maka mata kuliah kimia organik merupakan satu bagian penting dari banyak bidang studi  termasuk program studi D-III Analis Kimia. Senyawa organik banyak digunakan untuk analisis kimia di laboratorium maupun proses di industri, oleh karena itu bagi mahasiswa Prodi Analis Kimia sangat penting  mengetahui tentang struktur, sifat, pembuatan dan kegunaan dari senyawa organik.

Kimia Fisika

Kimia fisika adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang seluruh fenomena kimia yang meliputi konteks sub atomik, atomik, dan makroskopik dalam sistem kimia pada kaitannya dengan hukum dan konsep fisika. Beberapa contoh bahasan kimia fisika adalah perpindahan kalor antara sistem kimia dengan lingkungannya pada saat perubahan fase atau reaksi (termokimia), interaksi antara sistem dalam kaitannya dengan kerja dan kalor (termodinamika), kinetika kimia pada laju reaksi, sel elektrokimia dan redoks, gaya intermolekuler yang mempengaruhi sifat fisik suatu materi seperti tegangan permukaan pada cairan, kimia permukaan, kesetimbangan fasa satu dan dua komponen, jumlah fasa dan komponen, serta derajat kebebasan, kimia koloid. 

Kimia fisika merupakan mata kuliah dengan bobot 3 sks, terdiri dari 2 sks praktikum (4 jam tatap muka) dan 1 sks teori (1 jam tatap muka). Pembagian bobot nilai praktikum dan kuliah disesuaikan dengan jumlah sks yaitu 60% nilai praktikum dan 40% nilai teori. Perkuliahan ini akan berlangsung selama 18 minggu, termasuk minggu yang dijadwalkan untuk UTS dan UAS.

Kimia Analitik Dasar

Kimia Analitik Dasar merupakan mata kuliah pokok yang harus dipahami dan dikuasai oleh mahasiswa D-III Analis Kimia dalam profesinya sebagai analis kimia. Mata kuliah ini meliputi:
- Keterampilan dan pengetahuan mengenai peralatan dasar untuk analisis kimia
- Keterampilan dan pengetahuan pembuatan pereaksi, larutan baku
- Keterampilan dan pengetahuan mengenai analisis kuantitatif dasar (Gravimetri dan Volumetri)