Semester 1

Help with Search courses

Kimia Dasar

Mata kuliah Kimia Dasar pada program studi D-III Analis Kimia merupakan mata kuliah jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Bandung. Mata kuliah Kimia Dasar dengan jumlah 3 SKS yang terbagi atas 1 SKS teori dan 2 SKS praktikum ini, ditujukan untuk mengintegrasikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar dari ilmu kimia dasar dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan proses kimia. Materi pokok yang akan diberikan dalam matakuliah Kimia Dasar ini ditekankan pada peningkatan pemahaman teori dan hukum-hukum serta ketrampilan dalam melaksanakan kegiatan praktik di laboratorium dan kemungkinan aplikasinya di lapangan. Mata kuliah tersebut terbagi dalam beberapa kelompok bahasan, yaitu Pendahuluan (Pengantar), Stoikiometri, Keadaan Gas, Larutan, Sifat-sifat Koligatif Larutan, Kesetimbangan Kimia dan Kesetimbangan Asam-basa dan Indikator. Setiap pokok bahasan diberikan contoh soal beserta penyelesaiannya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dan di akhir pembahasan diberikan ringkasan/rangkuman, umpan balik berupa pertanyaan dan soal-soal, agar dapat dikerjakan secara mandiri oleh mahasiswa sebagai latihan untuk mengaplikasikan Kembali materi yang telah dipelajari. Mata kuliah Kimia Dasar ini dilaksanakan selama 16 minggu (tidak termasuk jadwal UTS dan UAS), dengan bentuk pembelajaran di kelas yang meliputi: tatap muka, penugasan terstruktur dan belajar mandiri. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar antara lain : diskusi, studi referensi, tugas literatur, penelusuran database dan website internet, serta praktikum di laboratorium.

Pengelolaan Alat Dan Bahan

Laboratorium kimia merupakan sebuah kelengkapan dari suatu Program Studi Analis Kimia. Suatu industri khususnya industri kimia, umumnya dilengkapi dengan laboratorium. Bagi mahasiswa laboratorium kimia digunakan untuk meningkatkan ketrampilan penggunaan dan pemakaian bahan kimia maupun peralatan analisis (instrumentasi). Dalam penggunaan lanjut, laboratorium merupakan sarana untuk melaksanakan kegiatan penelitian ilmiah. Laboratorium adalah wahana yang sangat tepat untuk mengembangkan kompetensi ketrampilan proses dan afektif mahasiswa. Selain laboratorium, gudang juga merupakan fasilitas pendukung yang sangat penting bagi proses dan kegiatan belajar mengajar mahasiswa di program studi analis kimia.
Laboratorium kimia dan gudang dengan segala kelengkapan peralatan dan bahan kimia merupakan tempat yang berpotensi menimbulkan bahaya kepada para penggunanya, terutama jika para pekerja di dalamnya tidak dibekali dengan pengetahuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja maupun keterampilan pengelolaan alat dan bahan. Selengkap dan sebaik apapun suatu laboratorium/gudang  tidak akan berarti apa-apa dan akan menjadi sia-sia bila tidak ditunjang  oleh kemampuan dalam mengelolanya. Oleh karena itu sangat diperlukan pengetahuan tentang pengelolaan alat dan bahan kimia khususnya bagi seorang analis kimia agar dapat bekerja di laboratorium/gudang kimia dengan baik dan benar.