Bahasa Inggris 1

Bahasa Inggris I (General English I) adalah mata kuliah penciri institusi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Bandung baik mahasiswa Tata Niaga maupun mahasiswa Rekayasa sebagai mata kuliah yang mendukung  kompetensi  berkomunikasi. Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menerapkan keterampilan bahasa Inggris yang dititikberatkan pada komunikasi lisan yang ditunjang dengan prinsip dasar tata bahasa dan kosakata dalam Bahasa Inggris sesuai fungsinya baik formal maupun informal. Mata kuliah ini tidak menuntut prasyarat khusus karena sebelum menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Bandung mereka telah memperoleh pelajaran Bahasa Inggris di SMA/SMK. Secara umum, mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa agar mampu mengungkapkan dan bertukar gagasan/informasi secara lisan baik formal maupun informal dalam situasi umum.

Mata kuliah ini meliputi beberapa bahan kajian diantaranya adalah 1) Perkenalan yang meliputi greeting  dan introducing him/herself and others; 2) Deskripsi tentang sesuatu yang meliputi describing people’s physical appearance and character, describing places, describing jobs, describing objects and its function, telling numbers and simple calculation, describing process; dan 3) Percakapan transaksional dalam konteks umum yang meliputi asking for and giving directions, requesting and offering, asking for and giving opinions, asking for and giving reasons, agreeing and disagreeing, dan giving and following instructions.

Mata kuliah ini dilakukan selama 14 pertemuan (14 minggu) dengan bentuk pembelajaran di kelas meliputi tatap muka, penugasan terstruktur, dan belajar mandiri. 


Teacher: Siti Yuliah

Pendidikan Agama Islam

Mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan Mata Kuliah Pengembang Kepribadian (MPK) yang diberikan kepada mahasiswa D3/D4 di lingkungan Politeknik Negeri Bandung. Dalam mata kuliah ini dibahas konsep-konsep yang berkenaan dengan pemahaman ajaran Islam, metodologi studi Islam, kontekstualisasi dan aktualisasi ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menjalankan profesinya setelah menyelesaikan studinya di Politeknik Negeri Bandung. Mata kuliah PAI ini dibagi menjadi dua bagian, yakni  bagian pertama berkenaan dengan metodologi studi Islam yang bertujuan memberikan pemahaman mendasar kepada mahasiswa mengenai keislaman, sedangkan pada bagian kedua berkenaan dengan aktualisasi ajaran Islam yang bertujuan memberikan pemahaman yang lebih untuk tentang konsep keagamaan dalam kontek social kemasyarakatan dan peradaban yang sedang berkembang. Diharapkan dengan dua bagian ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai konsep keislaman dalam konteks perkembangan peradaban dan kehidupannya sehari-hari.

KEWIRAUSAHAAN

Mata kuliah ini membekali mahasiswa human capital, social capital, dan financial capital learning achievement

Bahasa Indonesia

Menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki pengetahuan dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional dan mampu menggunakannya secara baik dan benar untuk mengungkapkan pemahaman, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air dan untuk berbagai keperluan dalam bidang ilmu, teknologi dan seni sertam profesinya masing-masing (Kep. No. 43/DIKTI/Kep/2006)

Pendidikan Pancasila

Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah yang termasuk dalam kelompok mata kuliah MPK (Pengembangan Kepribadian). MPK merupakan kelompok bahan kajian dan pembelajaran untuk mengembangkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Yang dimaksud dengan “mata kuliah Pancasila” adalah Pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada Mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia (Penjelasan Pasal 35 ayat (3) UU No. 12/12 Ttg DIKTI).

Pendidikan Pancasila di Politeknik sebagai bagian integral dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia,  merupakan bagian dari upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan progam pembelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap mahasiswa untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia.  Pendidikan Pancasila  merupakan matakuliah wajib bagi seluruh peguruan tinggi di Indonesia sebagaimana amanat pasal 35 ayat (3) Undang-Undang No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, yang menyatakan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi wajib memuat mata kuliah: (a) agama; (b) Pancasila; (c) kewarganegaraan; dan (d) bahasa Indonesia.

Bahan kajian matakuliah Pancasila  meliputi: (1) Pengantar, yang memuat landasan pemikiran  filosofis, sosiologi, dan yuridis keberadaan matakuliah Pancasila;  (2) Pancasila dalam kajian sejarah  bangsa Indonesia; (3) Pancasila sebagai dasar negara; (4) Pancasila sebagai ideologi Negara; (5) Pancasila sebagai sistem filsafat; (6) Pancasila sebagai sistem etika; (7) Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, teknologi, dan seni (IPTEKS).